6. Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS: VII KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghargai ajaran agama
dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Meniru perilaku jujur,
disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang
2.2 Menunjukkan perilaku rasa
ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan
social, budaya, ekonomi dan politik
2.3 Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan
dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Memahami perubahan
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3 Memahami jenis-jenis
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
|
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
|
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
KELAS: VIII KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghayati ajaran agama
dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3 Menghayati karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan
dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2 Berperilaku jujur, sopan,
estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga
sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3 Menunjukkan perilaku peduli,
gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan
lingkungan hidup
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan
dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan
serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan
politik
3.3 Mendiskripsikan fungsi
dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil olahan
telaah tentang peninggalan kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada
masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya
4.2 Menggunakan berbagai
strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.